Resep Cara Memasak Nasi Ayam Hainam Tradisional

Resep Cara Memasak Nasi Ayam Hainam Tradisional - Pagi ini kami ingin memperkenalkan kepada anda, dengan jenis makanan unik yang berasal dari negara luar namun ada di Indonesia yaitu nasi hainam. Masakan nasi ayam hainam ini sebetulnya adalah masakan tradisional orang tionghoa China. Mengapa oleh orang China dinamakan demikian karena memang masakan ini berasal dari suku Hainam. Cara membuat masakannya pun terbilang simple dan juga unik. Nasi hainam adalah nasi yang seperti kita ketahui yang terbuat dari beras seperti makanan pokok di Indonesia. Masakan ini sering dikaitkan dengan masakan negara tetangga yang juga sama jenisnya. konsep membuat nasi hainam sama persis dengan membuat nasi kuning yaitu menggunakan campuran bumbu ketika memasakan nasi.

Namun pada resep cara memasak nasi ayam hainam ini perbedaannya terdapat pada campuran disaat pemasakan nasi, yaitu selalu menggunakan kaldu dari daging itu sendiri. Disini kita akan mengulas nasi ayam hainam, maka yang digunakan adalah kaldu daging ayam segar. Proses ini dilakuan agar nasi yang dimasak dapat mempunyai minyak yang memberikan rasa lezat dalam makanan. Karena mengandung banyak minyak maka sering juga orang-orang yang tak terbiasa menyebut nasi hainam ini boleh juga menyebutnya nasi minyak seperti di negara malaysia dan singapor.

Cara membuat nasi ayam hainam

Setelah mengetahui latar belakang dari sebuag masakan khas atau tradisional yang berasal dari negara luar maka sekarang saatnya membeberkan cara memasaknya dengan berurutan. Jadi simak langkah berikut dengan benar ya shobat, agar nanti kalian dapat membuatnya sendiri dirumah. Dan semoga bisa memberikan rasa kenyang dengan nikmatnya nasi ayam hainam, hidangan ini juga sangat baik bagi menyambut tamu karena rasanya yang lezat. berikut bahan dasar nasi ayam hainam.

Kebutuhan komposisi :
  1. beras secukupnya (menyesuaikan kebutuhan)
  2. daging ayam yang sudah dipotong (boleh ayam kampung / ayam sayur)
  3. 200 ml air hangat (untuk merebus potongan ayam / sebagai bahan kaldu ayam)
  4. mentega untuk menumis ayam
  5. air panas untuk tambahan air menanak nasi
  6. 2 ruas jahe cincang halus
  7. 3 sendok makan minyak wijen
  8. 1 sendok makan garam
  9. merica secukupnya (untuk rasa pedas)
  10. 8 siung bawang putih cincang halus
Jika bahan-bahan di atas sudah didapatkan dan tertata rapi di meja masak, maka sekarang saatnya kamu akan berubah menjadi seorang seff. Yaahh untuk menambah rasa semangat bolehlah memutar musik kesukaan agar memasak jadi menyenangkan.

Resep Cara Memasak Nasi Ayam Hainam Tradisional

proses membuat nasi ayam hainam

  • Pertama - tama berdoalah sebelum memulai memasak nasi ayam hainam minta agar menjadi makanan yang bermanfaat, aamiin.
  • yang kedua bersihkan dan potong-potong jahe juga bawang putih kemudian haluskan dengan alat tradisional (uleg) atau kalau gak mau lengan pegal-pegal bisa menggunakan mesin blender.
  • Ketiga masukan mentega untuk menumis ayam bersama dengan potongan ayamnya dan juga bumbu yang selesai kita buat sampe tercium bau wangi matangnya masakan.
  • Berikutnya masukan 200 ml air hangat untuk menjadi kaldu ayam selama kurang lebih 15menit saja dala keadaan ditutup.
  • Selanjutnya diamkan hasil tahap pertama ini selama kurang lebih 10 menit dan anda juga bisa mengukur temperatur suhunya.
  • Kemudian tahap kedua adalah menyiapkan rice cooker untuk menanak nasi.
  • Masukkan beras sesuai dengan takaran dan hasil dari tahap pertama berupa ayam oseng dan kaldunya untuk menanak nasi, bila kurang airnya bisa menambahkan dengan air hangat sesuai takaran.
  • Masak hingga nasi dalam rice cooker matang bersama dengan bumbu di dalamnya.
Selanjutnya nasi ayam hainam tradisional tionghoa bisa kamu hidangkan untuk keluarga tercinta di rumah ataupun untuk menyambut tamu istimewa kamu. Cukup sampai disini sharing kita mengenai resep dan tips cara memasak makanan nasi ayam hainam yang berasal dari negara China ini. Semoga share ini bisa menambah wawasan kita untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Dan juga menambah koleksi menu makan yang anda kuasai saat ini. Untuk diturunkan juga pengalamannya kepada orang lain.
Resep Cara Memasak Nasi Ayam Hainam Tradisional 4.5 5 Unknown Sunday 15 March 2015 Tips dan resep cara memasak nasi ayam hainam dengan mudah menggunakan rice cooker hingga matang siap saji, lengkap dengan info kebutuhan bahan dasar. Resep Cara Memasak Nasi Ayam Hainam Tradisional - Pagi ini kami ingin memperkenalkan kepada anda, dengan jenis makanan unik yang berasal da...


No comments :