Rumus Penjumlahan Excel, Pengurangan Excel 2010

Rumus Penjumlahan MS Excel, Pengurangan Pada MS. Excel 2003, 2007, 2010 - Pada dasarnya program yang dibungkus dalam Microsoft Office ini bernama Microsoft Office Excel yang terdiri dari lembar kerja yang sering disebut worksheet. Lembar kerja pada Microsoft Excel berupa colom dan baris yang membentuk tabel dan sering juga Program ini dijulukin sebagai Aplikasi pengolah angka. Kenapa sering disebut aplikasi pengolah kata ? karena aplikasi ini sangat familiar dan sangat mudah digunakan dan memang dari perusahaan Microsoft sendiri telah merekomendasikan Aplikasi ini untuk mengolah angka. Berupa penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan juga Pembagian, namun untuk operator matematika yang lain juga ada jika anda nanti ingin lebih mengeksplorasi aplikasi Excel ini. Pada dasarnya untuk rumus tidak akan berbeda karena dipengaruhi oleh versi yang dibuat berkala pada tahun ke tahun semua menggunakan rumus perhitungan yang sama.

Penjumlahan pada Microsoft Excel

Penjumlahan pada Ms. Excel ini sebelumnya anda harus mengenal dulu yang namanya kolom dan bari dan juga Index Kolom dan Index Baris. Untuk index kolom bisa anda lihat pada bagian bawah menu bar / tab menu ribbon atau di atas cell paling atas sendiri. Terlihat index yang menggunakan huruf kapitas A, B, C, D dan seterusnya (itu yang saya sebut sebagai index kolom (pendapat pribadi saya)) dan untuk index baris terletak pada sisi kiri cell paling kiri yang terlihat seperti angka 1, 2, 3, 4, 5 berderet ke bawah.

Gbr. 1.1
Rumus Penjumlahan | Pengurangan Pada MS. Excel

Gbr. 1.2
Rumus Penjumlahan | Pengurangan Pada MS. Excel

Gbr. 1.3
Rumus Penjumlahan | Pengurangan Pada MS. Excel

Untuk mendapatkan hasil penjumlahan seperti pada Gbr. 1.3 ini, anda saya berikan contoh pengolahan penjumlahan dengan ms. excel 2007. Rumus ini bisa anda gunakan untuk semua versi Ms. Excel yang lebih rendah, ataupun versi lebih tinggi.
  • Rumus penjumlahan Kolom A1 dengan A2 adalah =(A2+B2) lalu tekan enter
  • Rumus penjumlahan Kolom A2 dengan A4 adalah =(B2+D2) lalu tekan enter
  • Rumus penjumlahan Kolom A1 + A2 + A3 + A4 adalah =(A2+B2+C2+D2) lalu tekan enter
  • untuk cell berikutnya anda tinggal mengganti cell yang diekseskusi dengan menambah 1 pada index misal A2 sudah dieksekusi maka selanjutnya A3 dan seterusnya.

Gbr. 1.4
Rumus Penjumlahan | Pengurangan Pada MS. Excel
Pada proses pengurangan seperti Gbr. 1.4 anda bisa memodifikasi tabel yang sudah anda buat pada contoh Gbr. 1.3. Dengan merubah susunan angka sesuai dengan selera anda, tetapi saya sarankan untuk angka sebagai target yang akan dikurangi dibuat lebih besar dari pada angka pengurangnya, dengan contoh ini saya menargetkan kolom A1 mempunyai bobot angka lebih kecil dari kolom berikutnya.

  • Rumus pengurangan A3 dengan A1 adalah =(C2-A2) lalu tekan enter
  • Rumus pengurangan A4 dengan A2 adalah =(D2-B2) lalu tekan enter
  • Rumus pengurangan A4, A3, A2, dan A1 adalah =(D2-C2-B2-A2) lalu tekan enter
  • selain menambah index pada cell berikunya pada proses eksekusi, anda lebih mudah menggunakan pointer saja untuk memilih cell target
Rumus Penjumlahan | Pengurangan Pada MS. Excel

Di atas ini saya berikan langsung contoh menggunakan kursor mouse untuk memilih target cell secara mudah dan cepat dipahami dari pada mengetik sendiri index cellnya yang terdiri dari kombinasi kolom dan baris.
Rumus Penjumlahan Excel, Pengurangan Excel 2010 4.5 5 Unknown Friday 4 April 2014 Rumus Penjumlahan MS Excel, Pengurangan Pada MS. Excel 2003, 2007, 2010 salah satu bagian dari pada program yang dikemas Microsoft Office. Rumus Penjumlahan MS Excel, Pengurangan Pada MS. Excel 2003, 2007, 2010 - Pada dasarnya program yang dibungkus dalam Microsoft Office ini be...


No comments :